Wednesday, April 07, 2010

Peranan Dukun Terhadap Pengambilan Keputusan Dari Para Klien-nya

PUBLIC RELATIONS & PUBLICITY Assignment

Topik: Peranan Dukun Terhadap Pengambilan Keputusan Dari Para Klien-nya


  
Fenomena perdukunan, khususnya di Indonesia telah ada dan menjamur dari masa ke masa hingga saat ini. Aneh memang, di zaman se-modern ini, masih saja ada pihak-pihak tertentu yang sengaja atau bahkan tidak sengaja memanfaatkan serta mempercayai para dukun atau dikenal juga dengan sebutan paranormal / spiritualis ini untuk masuk ke dalam sektor kehidupan pribadinya, baik itu dalam lingkup bisnis, keuangan, kesehatan, cinta, jodoh, peruntungan nasib, pergumulan, bahkan seks. Baik disadari ataupun tidak para klien yang notabene-nya terdiri dari berbagai kelas sosial, pekerjaan, umur, dan sebagainya, telah membuat suatu keputusan dalam hidupnya untuk percaya akan apa yang dikatakan oleh sang dukun. Begitu amat pentingnya peranan sang dukun bagi para kliennya, entah kenapa? Para klien tentu berharap apa yang dikatakan sang dukun adalah hal-hal yang baik adanya dan tidak mendatangkan celaka kepada mereka. Kalaupun ternyata diketahui akan ada suatu masalah yang akan timbul pada kehidupan si klien, maka klien pun akan meminta saran dan tuntunan kepada sang dukun agar masalah itu jangan sampai datang kepada si klien yang bersangkutan.

Dapat dikatakan selain berfungsi sebagai “pengobat” dukun juga berperan sebagai psikiater bagi masyarakat yang mempercayainya. Mengapa demikian? Di perkotaan seiring dengan padatnya penduduk, munculnya penyakit-penyakit di dalam keseharian masyarakat, yang banyak disebabkan karena pekerjaan, depresi, frustasi, serta ketidakastian hidup, tidak dapat dipungkiri keberadaannya, disamping masih ada berbagai permasalahan lain seperti himpitan ekonomi yang membuat penderitaan warga kota semakin kompleks. Hal itu membuat kompleksnya penyakit yang dihadapi warga kota yakni penyakit fisik dan psikologis yang perlu diobati secara bersamaan. Dari peran ganda dan fungsi tersebut, lantas masyarakat dari luar kota atau daerah lain jauh-jauh datang untuk menemukan orang pintar guna mendapatkan jawaban serta keputusan atas pergumulan permasalahan yang sedang dihadapi si klien, baik itu kesembuhan penyakit, kondisi finansial, keluarga, dan lain sebagainya. Bagi para klien, tentu menempatkan kepercayaan mereka sepenuhnya kepada sang dukun dalam pengambilan keputusan di dalam hidupnya, terutama permasalahan yang sedang dihadapi, adalah hal yang harus dilakukannya agar segala sesuatu berjalan lancar dan berhasil. Begitu besarnya pengaruh yang diberikan oleh sang dukun bagi para kliennya. Terlepas dari konteks agama, berdasarkan logika yang ada, hal ini memang benar-benar aneh dan tidak masuk akal, mempercayakan hidup serta keputusan di tangan seorang manusia. Tetapi, eksistensi dunia perdukunan tak dapat hilang dari tengah masyarakat, khususnya di Indonesia.

Adalah Ki Fatahillah Songgolangit, spiritualis Hikmah dengan kemampuan supranatural yang dimilikinya. Kini, setiap hari dipercaya sebagai pengasuh tetap Konsultasi Spiritual dan Tabir Mimpi di Harian METEOR (Jawa Pos Grup) terbit di Jateng-DIY. Menurut pengakuannya, pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini mewarisi kemampuan olah spiritual dan supranatural dari kakeknya. Sejak kecil ia sudah pandai menebak kejadian-kejadian yang akan dialami oleh orang-orang di sekitarnya. Dia banyak menerima nasehat agar banyak mengamalkan kelebihan yang dipunyainya kepada sesama. Pesan tersebut dijalankan dengan memulai membantu keluarga yang sering mendapat masalah, teman-temannya yang punya problem asmara sampai pekerjaan yang susah, dan orang lain yang mendengar kemampuannya dari buah bibir masyarakat setempat.

Namanya semakin dikenal seiring banyak orang yang berhasil menuntaskan masalahnya melalui solusi dan ajian-ajian yang diberikan. Kini ia membuka praktik di rumah sendiri di      Jl Pangrango 12 Perum Griya Gawe Mukti, Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Karya olah supranaturalnya banyak digunakan masyarakat luas hingga sampai ke negara-negara Asia, seperti: Taiwan, Hongkong, Singapura, Brunei, Malaysia, Korea, Bangkok, Jepang, dan Australia; dan ternyata banyak klien-nya yang mangaku ajian yang diberikan terbukti berhasil.

Seperti halnya para dukun lainnya, Ki Fatahillah Songgolangit memiliki spesialisasi untuk membantu klien-nya yang membutuhkan pertolongan dirinya, berikut mahar yang telah dipatok. Kira-kira ada 15 ajian yang siap diberikan kepada para klien-nya yang datang kepada dirinya. Diantaranya, AJIAN PENER ASMORO: Memikat lawan jenis / orang yang dituju menjadi cinta, rindu selamanya, solusi bagi yang belum bertemu jodohnya, dan lain-lain. Ajian ini dipatok mahar Rp 400.000,- ; AJIAN GEMBONG ISIM: Solusi mengatasi usaha / bisnis yang macet, tidak maju-maju, perusahaan bangkrut, tender sering lepas, dikerjai pesaing (guna-guna bisnis), pemagaran gedung. Ajian ini dipatok dengan mahar Rp 1.000.000,- ; Dengan mahar Rp 700.000,- , AJIAN JUNJUNG KHARISMA dapat dilaksanakan: Spesial untuk pejabat, public figure, caleg (Pilkada), artis, PNS, karyawan kantor, pelamar kerja kantoran. Membuka kharisma-wibawa untuk menarik simpati massa dan disukai atasan serta selalu dipercaya.; KAROMAH BATU LANGIT: Menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan ganas - seperti kanker, tumor, stroke, diabetes, liver, asam urat, depresi, sulit punya keturunan, anak idiot, kurang cerdas, dan lain-lain, hanya dengan mahar Rp 300.000,- ; AJIAN GEMBONG ISIM: Mengatasi usaha macet, bisnis amburadul, perusahaan bangkrut, tender sering lepas, dikerjai pesaing (guna-guna bisnis), pemagaran gedung, dengan Mahar Rp 1.000.000,-. Konsultasi langsung maupun jarak jauh dapat dilakukan Ki Fatahillah Songgolangit. Jika klien-nya berada pada jarak jauh dan tidak memungkinkan untuk datang ke tempat praktik sang dukun, ajian berserta petunjuk akan dipaketkan lewat jasa Pos Kilat/Express/Tiki. Untuk dalam negeri tanpa tambahan ongkos kirim, sedangkan untuk luar negeri ada tambahan ongkos kirim sebesar Rp 150.000,-.

Terlepas dari kontroversi yang ada mengenai dunia perdukunan, peran dukun bagi para klien-nya tidak akan pernah hilang selama mereka terus percaya dan merasa ’tergantung’ akan kebutuhan keberhasilan dalam apapun yang dilakukan si klien. Jadi, apakah Anda berminat?

No comments: