Wednesday, April 07, 2010

Wishlist and 2+7

Investigative Reporting Assignment by Yohanes Christ H.


Wish List

Topik       : Penelusuran praktek “penghematan” listrik dengan suatu alat bernama energy saver


Angle       : Apakah alat energy saver terhitung ilegal?


Lokasi Peliputan: 

1. Rumah penyalur alat energy saver, Komplek DKI, Jakarta Timur

2. Rumah konsumen pengguna alat energy saver, Komplek   DKI, Jakarta Timur


Narasumber: 

1. Eman, penyalur sekaligus produsen alat energy saver

                         Pertanyaan:

a.       Apakah Anda benar dan masih menjual alat energy saver?

b.      Selain di Komplek DKI, Jakarta Timur, kemana lagi Anda memasarkan alat ini?

c.       Bagaimana Anda memasarkan alat ini? Anda yang berkeliling atau konsumen yang mencari Anda?

d.      Dibanderol harga berapa alat ini?

e.       Darimana Anda mendapat alat ini? Dari produsen, perusahaan atau merakit sendiri?

f.        Bagaimana pemasangan dan cara kerja alat ini?

g.       Apakah pemasangan alat ini dilakukan oleh konsumen atau Anda sendiri?

h.       Menurut Anda, apakah alat ini benar-benar bekerja dalam penghematan jumlah biaya pemakaian listrik? Berapa persen?

i.         Apakah Anda sendiri menggunakan alat ini di rumah Anda?

j.        Menurut Anda, apakah alat ini ilegal untuk digunakan?

k.      Apakah Anda pernah tertangkap petugas PLN karena pemakaian alat ini di rumah Anda?

                     
2. Bapak Udin, konsumen

                       
Pertanyaan:

a.       Benarkah Bapak pengguna alat energy saver?

b.      Darimana Bapak mendapatkan alat ini?

c.       Berapa harga alat ini saat Bapak membelinya?

d.      Sudah Berapa lama Bapak menggunakan alat ini?

e.       Setelah pemasangan alat energy saver, apakah biaya listrik berkurang setiap bulan? Berapa persen dari sebelumnya?

f.        Menurut Bapak, apakah alat ini ilegal?

g.       Apakah petugas PLN pernah mendatangi rumah Bapak?Apakah tertangkap menggunakan alat ini? Apa tindakan petugas?

3. Ibu Sri, konsumen

                       
Pertanyaan:

a.       Benarkah Ibu pegguna alat energy saver?

b.      Darimana Ibu mendapatkan alat ini?

c.       Berapa harga alat ini saat Ibu membelinya?

d.      Sudah Berapa lama Ibu menggunakan alat ini?

e.       Setelah pemasangan alat energy saver, apakah biaya listrik berkurang setiap bulan? Berapa persen dari sebelumnya?

f.        Menurut Ibu, apakah alat ini ilegal?

g.       Apakah petugas PLN pernah mendatangi rumah Ibu?Apakah tertangkap menggunakan alat ini? Apa tindakan petugas?




Data Penunjang

               Saya megambil beberapa artikel dari Internet yang berkaitan dengan topik, baik itu artikel yang terdapat di blog maupun forum tertentu.


Action Plan


Riset: ( 4/10/2008, 13.00 WIB, rumah Eman )

          ( 4/10/2008, 13.30 WIB, rumah Bapak Udin )

          ( 4/10/2008, 14.00 WIB, rumah Ibu Sri )


Sarching Data: ( 5/10/2008, 21.15 WIB, Internet )

                         ( 9/10/2008, 14.30 WIB, Internet )


Wawancara Expert: ( 6/10/2008, 13.30 WIB, rumah Eman )

                                ( 6/10/2008, 19.00 WIB, rumah Bapak Udin )

                                ( 7/10/2008, 11.00 WIB, rumah Ibu Sri )


Liputan: ( 6/10/2008, 14.15 WIB, rumah Eman )

              ( 6/10/2008, 20.00. WIB, rumah Bapak Udin )

              ( 7/10/2008, 12.10 WIB, rumah Ibu Sri )

              ( 7/10/2008, 12.30 WIB, Rumah Eman )


Analisis Data

            Saya menganalisis hasil wawancara dan liputan dari ketiga narasumber, serta membandingkannya dengan informasi yang saya dapatkan dari artikel di Internet.


Penulisan


Edit Naskah



“ 2 Bagian + 7 Rincian Langkah ”

                        

Bagian I


1.      First Lead

Saya mendengar ada penjualan alat penghemat listrik yang banyak beredar di Jakarta


2.      Initial Investigation

Saya bertemu dengan konsumen alat energy saver ini


3.      Forming an Investigative Hypothesis

Benar alat energy saver beredar di Jakarta


4.      Literature Research

Saya melakukan riset melalui internet mengenai penggunaan alat energy saver


5.      Interviewing Experts

Saya melakukan wawancara dengan penyalur sekaligus produsen alat penghemat listrik ini dan konsumennya.


6.      Finding a Paper Trail

Saya melakukan riset melalui internet, mencari ketentuan hukum/undang-undang mengenai penggunaan listrik


7.      Interviewing Key Informants and Sources / Finding People Trail

Saya mewawancarai penyalur sekaligus produsen alat penghemat listrik ini dan konsumen-kosumen nya.



Bagian II


1.      First Hand Observation

Saya menyamar sebagai pembeli dengan datang ke rumah penyalur


2.      Organizing Files

Saya membandingkan harga yang ditawarkan oleh penyalur dengan data yang saya dapat melalui wawancara dengan konsumen dan informasi dari internet


3.      More Interviews

-


4.      Analyzing and Organizing Data

Saya memfokuskan penelitian apakah alat energy saver ilegal atau tidak, baik di mata penyalur maupun konsumen, serta pihak yang terkait


5.      Writing

Saya menuliskan temuan saya ke dalam sebuah laporan investigasi


6.      Fast Checking

Saya bersama dengan penyalur melakuan uji coba alat tersebut di rumah penyalur, dan ternyata alat itu bekerja


7.      Libel Check

-

No comments: