Religious Instruction (Christian) Assignment By Yohanes Christ H.
Sikap Negatif
HEDONISME
Ayat referensi
Roma 13:13
“Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.”
Hedonisme dalam bahasa Yunani berarti kesenangan. Istilah ini sebenarnya sudah muncul sejak abad ke-4 SM.
Paham ini kemudian dipopulerkan oleh seorang filsuf bernama Epicurus, yang menganggap hedonisme merupakan suatu paham dimana kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan yang paling utama dalam hidup.
Sikap hedonis menuntut manusia memiliki kehendak bebas dalam memilih tindakannya.
Sisi negatif hedonisme:
1. cenderung menghamburkan uang demi kesenangan sesaat
2. egois ekstrim tanpa memperhatikan dampak dan akibat yang timbul berikutnya
3. dapat melakukan segala cara untuk bisa memenuhi hasratnya, sekalipun itu melawan hokum
4. memiliki sifat konsumeristis
5. dengan gaya hidup yang berfoya-foya terkadang membeli barang hanya karena suka, bukan berdasarkan kegunaannya, sehingga seringkali menjadi mubazir
Tuhan menghendaki kita untuk hidup sederhana dan berkecukupan. Namun bukan berarti Tuhan tidak memperbolehkan kita hidup berkelebihan berkat, akan tetapi Tuhan tidak mau jika semua berkat yang sudah diberikan it pada akhirnya hanya memberikan efek negative yang tidak memuliakan nama_Nya. Karena pada dasarnya, semua yang hidup di dunia ini harus bisa memberikan contoh yang baik pada sesamanya.
Solusi:
1. mengintrospeksi diri
2. menghilangkan egois ekstrim
3. mencoba berpikir dari sudut pandang yang berbeda
4. membuat paradigma baru dalam dirinya, bahwa hedonis itu negatif
5. menjauhi pergaulan yang menunjukkan perilaku hedonis (komunitas,dll)
6. berkonsultasi dengan hamba Tuhan
Skala paling buruk yang dapat terjadi dari perilaku hedonis yakni secara sadar ataupun tidak sadar, manusia bisa saja terbuai oleh kesenangan sesaat yang ditawarkan oleh apa yang dinamakan hedonisme itu sendiri. Dan apabila hal ini merasuk ke dalam sendi kekristenan maka tentunya kematian rohani tidak terelakkan lagi, dan yang lebih parahnya berujung pada kematian kekal.
Kesimpulan
Matius 6:33
“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”
Jika tidak hedonisme ibarat kanker yang perlahan menggerogoti tubh Kristus, yang berujung kematian rohani, dan kematian kekal pada akhirnya.
Referensi:
http://www.akupercaya.com/forums/diskusi-general/4794-hedonisme-kanker-bagi-kehidupan-kekristenan.html?do=/forum/diskusi-general/4794-hedonisme-kanker-bagi-kehidupan-kekristenan.html
Wednesday, April 07, 2010
Hush Puppies - Fake Interview
PUBLIC RELATIONS & PUBLICITY Assignment by Yohanes Christ H.
Brand Name: Hush Puppies
TalkShow with Pierre Tessier, Vice-President and Marketing Public Relations of Hush Puppies
“Koleksi Terbaru Hush Puppies Men Footwear – Motive”
Pertanyaan:
1. Hush Puppies telah mengeluarkan koleksi terbarunya di tahun 2009 ini, apa yang membuatnya begitu menarik bagi para konsumen dan berbeda kah dari koleksi-koleksi sebelumnya?
Jawaban:
Hush Puppies Men, mengeluarkan footwear bernama Motive, untuk koleksi terbaru di tahun 2009 ini. Motive merupakan sepatu klasik yang bergaya dengan detil jahitan yang terlihat lebih soft. Motive memiliki 3 varian tipe, yakni peanut / tan leather / suede, black / charcoal leather / suede, dan tan / taupe lesather / suede, ang tersedia dengan berbagai size dan width. Ketiganya dibuat untuk melengkapi koleksi anda. Motive diproduksi dengan ditunjang oleh teknologi Wave Reflex. Teknologi Wave Reflex menuntut kefleksibelan sebuah sepatu. Dimana teknologi ini, mendesain sepatu sedemikian rupa agar memiliki detil berupa gelombang yang di reverse, sehingga menghasilkan fleksibilitas ekstrim bagi kenyamanan penggunanya. Teknologi ini juga mengkombinasikan karet latex alami serta gelombang unik yang telah saya sebutkan sebelumnya, yang menjadikan Motive sebuah footwear bergaya yang melengkapi kebebasan pergerakan kaki penggunanya. Motive memiliki teknologi yang berbeda dengan produksi footwear Hush Puppies lainnya, kecuali Cablecar yang menggunakan teknologi yang sama dengan Motive. Koleksi Hush Puppies lainnya menggunakan 5 macam teknologi, yakni Worry-Free Suede, ZeroG, Bounce, Waterproof, serta termasuk diantaranya Wave Reflex.
Motive dapat anda dapatkan pada outlet-outlet yang tersebar di seluruh dunia, dengan tanpa mengurangi kualitas aslinya sedikitpun. Atau jika anda adalah seseorang dengan mobilitas tinggi dan tak sempat berbelanja di retail kami, konsumen dapat membeli Motive secara on-line, dengan log in ke www.hushpuppies.com, yang merupakan official site Hush Puppies. Jangka waktu pengiriman adalah 24 - 48 jam setelah melakukan transaksi. Dan sebagai tambahan, pengiriman barang tidak disertai biaya apapun.
Sebagai sebuah brand ternama untuk footwear baik bagi pria, wanita, maupun anak-anak, Hush Puppies selalu memberikan kulitas yang terbaik bagi para pelanggannya. Hush Puppies yang dikenal dengan sepatu Amerika klasik yang berbahan dasar kulit dan mudah disemir ini, merupakan bagian dari Wolverine World Wide, yaitu perusahaan manufaktur sepatu yang berbasis di Rockford, Michigan, Amerika Serikat.
Pertanyaan:
2. Bagaimana Motive sebagai produk footwear terbaru dari Hush Puppies akan bertahan menghadapi persaingan pasar fashion yang begitu ketat dengan banyak brand lainnya?
Jawaban:
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, semua koleksi Hush Puppies menggunakan 5 macam teknologi yang berbeda-beda sesuai desain dan kebutuhannya sendiri, yakni sebagai berikut Worry-Free Suede, ZeroG, Bounce, Waterproof, serta Wave Reflex. Worry-Free Suede adalah teknologi yang menjadikan sepatu tahan terhadap air, noda, dan serta jauh dari lecet. Teknologi lainnya adalah ZeroG, dimana teknologi ini membuat sepatu anda ringan dipakai dan tahan bantingan/goncangan. Teknologi Bounce juga tak kalah penting, teknologi ini mengedepankan keenergikan pengguna sepatu, maksudnya sepatu dengan teknologi ini dirancang agar pengguna bebas beraktivitas seekstrim apapun. Sedangkan teknologi Waterproof, membuat sepatu anti terhadap air, yang berbahan dasar material yang terbaik. Yang terakhir adalah teknologi Wave Reflex, yang dipakai salah satunya oleh Motive. Teknologi ini mengedepankan fleksibilitas dan kenyamanan penggunanya, dengan adanya gelombang unik pada sepatu itu. Jadi jika anda bertanya, bagaimana agar Motive mempertahankan eksistensinya dalam pasar footwear, inilah jawabannya. Hush Puppies menampilkan Motive dengan teknologi yang canggih dengan tetap mempertahankan sisi kasual dari sepatu-sepatu koleksi Hush Puppies, namun tetap maskulin. Selain itu, kerjasama kami dengan stylist selebriti, Phillip Bloch (U.S.) and Rachel Fanconi (U.K.), dalam mendesain produk-produk kami, termasuk Motive, juga menjadi keunggulan untuk koleksi terbaru kami.
Banyak orang yang telah mengetahui mengenai kualitas dan kenyamanan sepatu dan boots dari Hush Puppies yang tentunya fantastis, dan dengan cepat meningkatkan awareness orang terhadap brand ini. Ini saatnya mengingatkan kembali kepada konsumen mengenai keunggulan yang kami miliki dan juga memulai untuk mencari target konsumen baru yang lebih potensial, orang-orang yang mencari, baik fashion serta kenyamanan dalam bersepatu. Begitu pun dengan Motive, sekali orang mencoba kenyamanannya, maka ia akan terus ingat bahwa brand nya adalah Hush Puppies. Dengan begitu mereka akan menjadi loyal customer untuk seterusnya.
Apa yang membuat produk kami menjadi sebuah ikon adalah begitu besarnya ide-ide dan imajinasi dari orang-orang sekitar, terus berusaha memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, identitas yang kuat yang berasal dari nilai-nilai dan berbagai aspirasi yang ada, serta yang tak kalah penting yaitu adanya visi yang membuat perusahaan berikut produk-produknya semakin bertumbuh. Semua ini menjadi kekuatan kami, dan menjadikan kami perusahaan nomor 5 untuk global brand of casual footwear.
Kami yakin dan percaya, bahwa Motive dapat memasuki pasar fashion footwear, dan diterima oleh para pria, yang aktif beraktivitas sambil tampil gaya. Namun, tentunya kami tidak akan berhenti sampai pada Motive saja, sebagai produk unggulan terbaru kami untuk season ini, tetapi kami juga akan terus berinovasi dan menciptakan suatu karya footwear yang tetap dapat diterima khalayak umum, dengan tetap mempertahankan prinsip kasual dan selalu mengedepankan kenyamanan penggunanya dan kualitas produk Hush Puppies, khususnya footwear.
Brand Name: Hush Puppies
TalkShow with Pierre Tessier, Vice-President and Marketing Public Relations of Hush Puppies
“Koleksi Terbaru Hush Puppies Men Footwear – Motive”
Pertanyaan:
1. Hush Puppies telah mengeluarkan koleksi terbarunya di tahun 2009 ini, apa yang membuatnya begitu menarik bagi para konsumen dan berbeda kah dari koleksi-koleksi sebelumnya?
Jawaban:
Hush Puppies Men, mengeluarkan footwear bernama Motive, untuk koleksi terbaru di tahun 2009 ini. Motive merupakan sepatu klasik yang bergaya dengan detil jahitan yang terlihat lebih soft. Motive memiliki 3 varian tipe, yakni peanut / tan leather / suede, black / charcoal leather / suede, dan tan / taupe lesather / suede, ang tersedia dengan berbagai size dan width. Ketiganya dibuat untuk melengkapi koleksi anda. Motive diproduksi dengan ditunjang oleh teknologi Wave Reflex. Teknologi Wave Reflex menuntut kefleksibelan sebuah sepatu. Dimana teknologi ini, mendesain sepatu sedemikian rupa agar memiliki detil berupa gelombang yang di reverse, sehingga menghasilkan fleksibilitas ekstrim bagi kenyamanan penggunanya. Teknologi ini juga mengkombinasikan karet latex alami serta gelombang unik yang telah saya sebutkan sebelumnya, yang menjadikan Motive sebuah footwear bergaya yang melengkapi kebebasan pergerakan kaki penggunanya. Motive memiliki teknologi yang berbeda dengan produksi footwear Hush Puppies lainnya, kecuali Cablecar yang menggunakan teknologi yang sama dengan Motive. Koleksi Hush Puppies lainnya menggunakan 5 macam teknologi, yakni Worry-Free Suede, ZeroG, Bounce, Waterproof, serta termasuk diantaranya Wave Reflex.
Motive dapat anda dapatkan pada outlet-outlet yang tersebar di seluruh dunia, dengan tanpa mengurangi kualitas aslinya sedikitpun. Atau jika anda adalah seseorang dengan mobilitas tinggi dan tak sempat berbelanja di retail kami, konsumen dapat membeli Motive secara on-line, dengan log in ke www.hushpuppies.com, yang merupakan official site Hush Puppies. Jangka waktu pengiriman adalah 24 - 48 jam setelah melakukan transaksi. Dan sebagai tambahan, pengiriman barang tidak disertai biaya apapun.
Sebagai sebuah brand ternama untuk footwear baik bagi pria, wanita, maupun anak-anak, Hush Puppies selalu memberikan kulitas yang terbaik bagi para pelanggannya. Hush Puppies yang dikenal dengan sepatu Amerika klasik yang berbahan dasar kulit dan mudah disemir ini, merupakan bagian dari Wolverine World Wide, yaitu perusahaan manufaktur sepatu yang berbasis di Rockford, Michigan, Amerika Serikat.
Pertanyaan:
2. Bagaimana Motive sebagai produk footwear terbaru dari Hush Puppies akan bertahan menghadapi persaingan pasar fashion yang begitu ketat dengan banyak brand lainnya?
Jawaban:
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, semua koleksi Hush Puppies menggunakan 5 macam teknologi yang berbeda-beda sesuai desain dan kebutuhannya sendiri, yakni sebagai berikut Worry-Free Suede, ZeroG, Bounce, Waterproof, serta Wave Reflex. Worry-Free Suede adalah teknologi yang menjadikan sepatu tahan terhadap air, noda, dan serta jauh dari lecet. Teknologi lainnya adalah ZeroG, dimana teknologi ini membuat sepatu anda ringan dipakai dan tahan bantingan/goncangan. Teknologi Bounce juga tak kalah penting, teknologi ini mengedepankan keenergikan pengguna sepatu, maksudnya sepatu dengan teknologi ini dirancang agar pengguna bebas beraktivitas seekstrim apapun. Sedangkan teknologi Waterproof, membuat sepatu anti terhadap air, yang berbahan dasar material yang terbaik. Yang terakhir adalah teknologi Wave Reflex, yang dipakai salah satunya oleh Motive. Teknologi ini mengedepankan fleksibilitas dan kenyamanan penggunanya, dengan adanya gelombang unik pada sepatu itu. Jadi jika anda bertanya, bagaimana agar Motive mempertahankan eksistensinya dalam pasar footwear, inilah jawabannya. Hush Puppies menampilkan Motive dengan teknologi yang canggih dengan tetap mempertahankan sisi kasual dari sepatu-sepatu koleksi Hush Puppies, namun tetap maskulin. Selain itu, kerjasama kami dengan stylist selebriti, Phillip Bloch (U.S.) and Rachel Fanconi (U.K.), dalam mendesain produk-produk kami, termasuk Motive, juga menjadi keunggulan untuk koleksi terbaru kami.
Banyak orang yang telah mengetahui mengenai kualitas dan kenyamanan sepatu dan boots dari Hush Puppies yang tentunya fantastis, dan dengan cepat meningkatkan awareness orang terhadap brand ini. Ini saatnya mengingatkan kembali kepada konsumen mengenai keunggulan yang kami miliki dan juga memulai untuk mencari target konsumen baru yang lebih potensial, orang-orang yang mencari, baik fashion serta kenyamanan dalam bersepatu. Begitu pun dengan Motive, sekali orang mencoba kenyamanannya, maka ia akan terus ingat bahwa brand nya adalah Hush Puppies. Dengan begitu mereka akan menjadi loyal customer untuk seterusnya.
Apa yang membuat produk kami menjadi sebuah ikon adalah begitu besarnya ide-ide dan imajinasi dari orang-orang sekitar, terus berusaha memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, identitas yang kuat yang berasal dari nilai-nilai dan berbagai aspirasi yang ada, serta yang tak kalah penting yaitu adanya visi yang membuat perusahaan berikut produk-produknya semakin bertumbuh. Semua ini menjadi kekuatan kami, dan menjadikan kami perusahaan nomor 5 untuk global brand of casual footwear.
Kami yakin dan percaya, bahwa Motive dapat memasuki pasar fashion footwear, dan diterima oleh para pria, yang aktif beraktivitas sambil tampil gaya. Namun, tentunya kami tidak akan berhenti sampai pada Motive saja, sebagai produk unggulan terbaru kami untuk season ini, tetapi kami juga akan terus berinovasi dan menciptakan suatu karya footwear yang tetap dapat diterima khalayak umum, dengan tetap mempertahankan prinsip kasual dan selalu mengedepankan kenyamanan penggunanya dan kualitas produk Hush Puppies, khususnya footwear.
GUCCI G 700 - Fake Project
Public Relations and Publicity Assignment By Yohanes Christ H & Rahayu Mutiara (MC11-3B - LSPR)
GUCCI G 700, Terobosan Baru Dari GUCCI
GUCCI, kini hadir dengan new born baby product berupa Notebook. Notebook yang diberi nama GUCCI G 700 ini akan dijual secara terbatas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
GUCCI, perusahaan yang bergerak dalam industri fashion internasional, untuk pertama kalinya meluncurkan varian produk terbarunya. Kali ini bukan berupa fashion items, ataupun aksesoris dan perhiasan, seperti yang telah ada sebelumnya. Kali ini GUCCI membuat gebrakan baru dalam dunia gadget, yakni Notebook GUCCI G 700 Limited Edition. Setelah sukses dengan debutnya, meluncurkan sebuah mobile phone, dengan tetap mempertahankan keeleganan dan kemewahan dari brand bertaraf internasional ini, GUCCI seakan tidak puas akan keberhasilannya. Bisnis baru pun dia masuki, kali ini adalah industri gadget.
Apa yang membuatnya begitu spesial?
Bentuknya yang sangat eksklusif, elegan, dan mewah tidak lepas dari notebook yang baru akan diluncurkan pada Juni 2009 ini. Namun, seperti yang telah disebutkan diatas, GUCCI G 700 adalah notebook dengan edisi yang terbatas, yang hanya diproduksi sebanyak 100 buah, dan 10 diantaranya dipasarkan di Indonesia.
Badan dari GUCCI G 700 ini terbuat dari alumunium aircraft grade, yang menjanjikan kekokohan. Dengan dilapisi emas 24 karat pada beberapa bagian outer case nya, yang tentu menambah kemewahan yang dapat dirasakan penggunanya.
Entah apa yang dipikirkan GUCCI, hingga dapat menciptakan suatu karya yang diluar kebiasaannya bagi khalayak internasional.
Gebrakan ini merupakan langkah yang cukup beresiko yang diambil oleh perusahaan fashion terkemuka ini, dalam menjalankan kerajaan bisnisnya. Namun, GUCCI tetap percaya, apapun yang dibuatnya, akan disukai dan dimiliki oleh para pecintanya.
Fitur GUCCI G 700
Sebagai sebuah notebook, tentunya GUCCI G 700 memiliki beberapa fitur yang memukau. Tidak kalah dengan penampilan luarnya yang begitu classy dan mengundang decak kagum peminatnya, keeksklusifitasan juga tampak pada fitur-fitur dalam notebook ini. Diantaranya prosesor Intel Core 2 Duo 2.4 GHz, 2 GB RAM, 160 GB internal drive, 802.11n wireless AirPort Extreme Wi-Fi built-in, Bluetooth 2.1 built-in, kamera iSight built-in, dan ditunjang dengan layar 15.4″ dengan resolusi 1280 x 800.
GUCCI memiliki target audiens yang tergolong memiliki pendapatan tinggi, dengan kata lain adalah kelas sosial A. Sehingga sama halnya dengan bisnis fashion yang telah digelutinya, Notebook GUCCI G 700 juga ditargetkan untuk segmentasi kelas atas, berupa kalangan profesional, baik pria maupun wanita, yang memiliki pendapatan Rp 40 juta atau lebih, seperti businessman/woman, manager, eksekutif muda, hingga owner, dengan usia 30 tahun atau lebih, yang berdomisili di kota besar.
Quality is remembered long after the price is forgotten. -GUCCI-
Harga yang dipatok oleh GUCCI untuk notebook nya yang pertama adalah US$ 4000 atau sekitar Rp 40 juta. Harga tersebut cukup pantas untuk sebuah notebook bergaya yang dibalut dengan emas 24 karat beserta fitur-fitur terkini. Sekali lagi, sama halnya dengan slogan yang dianut GUCCI, harga bukanlah masalah, selama barang tersebut memang berkualitas dan memiliki daya jual dan daya tarik yang tinggi bagi para pecintanya.
Siapa Peminatnya?
GUCCI, tentu memiliki konsumen tersendiri di tanah air, khususnya terhadap produk fashion yang dihasilkannya. Berhubung Notebook adalah, new baby born product dari GUCCI, sudah barang tentu harus dilakukan promosi secara gencar, untuk meningkatkan product awareness terhadap notebook ini. GUCCI mencari konsumen pertama untuk notebook nya tidak jauh dari peminat fashion items pada butik-butik GUCCI. Konsumen pertamanya adalah masyarakat pecinta produk GUCCI dan juga pecinta gadget mewah di Indonesia. Dengan tren yang semakin berkembang, notebook dapat menjadi pelengkap fashion item seseorang, selain daripada mobile phone. Apalagi dengan keunggulan yang dimiliki GUCCI G 700, semakin menambah gaya bagi penggunanya.
GUCCI G 700 akan diluncurkan pada Juni 2009, dengan soft opening di Plaza Indonesia. Dalam opening yang pertama ini hanya akan dijual lima notebook dari 10 yang tersedia di Indonesia.
Lima pembeli pertama akan mendapatkan GUCCI notebook bag secara gratis. Sedangkan kelima notebook yang tersisa akan di display dan dijual hanya pada butik GUCCI Plaza Indonesia, 1st Level, Unit 46-47, Jl M. H. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta.
Terhitug April 2009, GUCCI G 700 akan dipromosikan melalui iklan pada majalah-majalah fashion internasioal, sepeti VOGUE, BAZAAR, hingga ESQUIRE.
Tentunya, Notebook GUCCI G 700 akan menjadi tonggak bagi GUCCI dalam melebarkan sayap kerajaan bisnisnya yang tidak hanya bergelut dalam industri fashion saja, tetapi juga industri gadget, atau bahkan industri lainnya dengan tetap menomorsatukan kualitas pada produk-produk yang dihasilkannya.
The House of Gucci atau yang lebih dikenal dengan nama GUCCI ditemukan oleh Guccio Gucci (1881 – 1953) pada tahun 1921. GUCCI merupakan simbol fashion Italia dan terkenal akan produk berbahan dasar kulit. GUCCI merupakan satu dari fashion brand yang sangat ternama, bergengsi serta dikenal di seluruh dunia. The House of Gucci adalah bagian dari The Gucci Group yang dimiliki oleh Pinault-Printemps-Redoute (PPR).
GUCCI sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri fashion, menawarkan berbagaii item dalam bisnisnya, seperti handbags, sepatu, pakaian, kosmetik, perawatan kulit, perhiasan, serta jam tangan. GUCCI telah beroperasi di lebih dari 425 butik di seluruh dunia, diantaranya melalui bentuk franchise dan department store.
GUCCI, kini hadir dengan new born baby product berupa Notebook. Notebook yang diberi nama GUCCI G 700 ini akan dijual secara terbatas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
GUCCI, perusahaan yang bergerak dalam industri fashion internasional, untuk pertama kalinya meluncurkan varian produk terbarunya. Kali ini bukan berupa fashion items, ataupun aksesoris dan perhiasan, seperti yang telah ada sebelumnya. Kali ini GUCCI membuat gebrakan baru dalam dunia gadget, yakni Notebook GUCCI G 700 Limited Edition. Setelah sukses dengan debutnya, meluncurkan sebuah mobile phone, dengan tetap mempertahankan keeleganan dan kemewahan dari brand bertaraf internasional ini, GUCCI seakan tidak puas akan keberhasilannya. Bisnis baru pun dia masuki, kali ini adalah industri gadget.
Apa yang membuatnya begitu spesial?
Bentuknya yang sangat eksklusif, elegan, dan mewah tidak lepas dari notebook yang baru akan diluncurkan pada Juni 2009 ini. Namun, seperti yang telah disebutkan diatas, GUCCI G 700 adalah notebook dengan edisi yang terbatas, yang hanya diproduksi sebanyak 100 buah, dan 10 diantaranya dipasarkan di Indonesia.
Badan dari GUCCI G 700 ini terbuat dari alumunium aircraft grade, yang menjanjikan kekokohan. Dengan dilapisi emas 24 karat pada beberapa bagian outer case nya, yang tentu menambah kemewahan yang dapat dirasakan penggunanya.
Entah apa yang dipikirkan GUCCI, hingga dapat menciptakan suatu karya yang diluar kebiasaannya bagi khalayak internasional.
Gebrakan ini merupakan langkah yang cukup beresiko yang diambil oleh perusahaan fashion terkemuka ini, dalam menjalankan kerajaan bisnisnya. Namun, GUCCI tetap percaya, apapun yang dibuatnya, akan disukai dan dimiliki oleh para pecintanya.
Fitur GUCCI G 700
Sebagai sebuah notebook, tentunya GUCCI G 700 memiliki beberapa fitur yang memukau. Tidak kalah dengan penampilan luarnya yang begitu classy dan mengundang decak kagum peminatnya, keeksklusifitasan juga tampak pada fitur-fitur dalam notebook ini. Diantaranya prosesor Intel Core 2 Duo 2.4 GHz, 2 GB RAM, 160 GB internal drive, 802.11n wireless AirPort Extreme Wi-Fi built-in, Bluetooth 2.1 built-in, kamera iSight built-in, dan ditunjang dengan layar 15.4″ dengan resolusi 1280 x 800.
GUCCI memiliki target audiens yang tergolong memiliki pendapatan tinggi, dengan kata lain adalah kelas sosial A. Sehingga sama halnya dengan bisnis fashion yang telah digelutinya, Notebook GUCCI G 700 juga ditargetkan untuk segmentasi kelas atas, berupa kalangan profesional, baik pria maupun wanita, yang memiliki pendapatan Rp 40 juta atau lebih, seperti businessman/woman, manager, eksekutif muda, hingga owner, dengan usia 30 tahun atau lebih, yang berdomisili di kota besar.
Quality is remembered long after the price is forgotten. -GUCCI-
Harga yang dipatok oleh GUCCI untuk notebook nya yang pertama adalah US$ 4000 atau sekitar Rp 40 juta. Harga tersebut cukup pantas untuk sebuah notebook bergaya yang dibalut dengan emas 24 karat beserta fitur-fitur terkini. Sekali lagi, sama halnya dengan slogan yang dianut GUCCI, harga bukanlah masalah, selama barang tersebut memang berkualitas dan memiliki daya jual dan daya tarik yang tinggi bagi para pecintanya.
Siapa Peminatnya?
GUCCI, tentu memiliki konsumen tersendiri di tanah air, khususnya terhadap produk fashion yang dihasilkannya. Berhubung Notebook adalah, new baby born product dari GUCCI, sudah barang tentu harus dilakukan promosi secara gencar, untuk meningkatkan product awareness terhadap notebook ini. GUCCI mencari konsumen pertama untuk notebook nya tidak jauh dari peminat fashion items pada butik-butik GUCCI. Konsumen pertamanya adalah masyarakat pecinta produk GUCCI dan juga pecinta gadget mewah di Indonesia. Dengan tren yang semakin berkembang, notebook dapat menjadi pelengkap fashion item seseorang, selain daripada mobile phone. Apalagi dengan keunggulan yang dimiliki GUCCI G 700, semakin menambah gaya bagi penggunanya.
GUCCI G 700 akan diluncurkan pada Juni 2009, dengan soft opening di Plaza Indonesia. Dalam opening yang pertama ini hanya akan dijual lima notebook dari 10 yang tersedia di Indonesia.
Lima pembeli pertama akan mendapatkan GUCCI notebook bag secara gratis. Sedangkan kelima notebook yang tersisa akan di display dan dijual hanya pada butik GUCCI Plaza Indonesia, 1st Level, Unit 46-47, Jl M. H. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta.
Terhitug April 2009, GUCCI G 700 akan dipromosikan melalui iklan pada majalah-majalah fashion internasioal, sepeti VOGUE, BAZAAR, hingga ESQUIRE.
Tentunya, Notebook GUCCI G 700 akan menjadi tonggak bagi GUCCI dalam melebarkan sayap kerajaan bisnisnya yang tidak hanya bergelut dalam industri fashion saja, tetapi juga industri gadget, atau bahkan industri lainnya dengan tetap menomorsatukan kualitas pada produk-produk yang dihasilkannya.
The House of Gucci atau yang lebih dikenal dengan nama GUCCI ditemukan oleh Guccio Gucci (1881 – 1953) pada tahun 1921. GUCCI merupakan simbol fashion Italia dan terkenal akan produk berbahan dasar kulit. GUCCI merupakan satu dari fashion brand yang sangat ternama, bergengsi serta dikenal di seluruh dunia. The House of Gucci adalah bagian dari The Gucci Group yang dimiliki oleh Pinault-Printemps-Redoute (PPR).
GUCCI sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri fashion, menawarkan berbagaii item dalam bisnisnya, seperti handbags, sepatu, pakaian, kosmetik, perawatan kulit, perhiasan, serta jam tangan. GUCCI telah beroperasi di lebih dari 425 butik di seluruh dunia, diantaranya melalui bentuk franchise dan department store.
LIPUTAN INVESTIGASI - BALAPAN LIAR ASAF
LIPUTAN INVESTIGASI
TITLE: BALAPAN LIAR
TANGGAL:
LOKASI: JALAN ASIA-AFRIKA, JAKARTA
REP/CAM: ETIKA, ELLISA, FOURESTYANTI, YOHANES, ADHISURYA
KELAS: MC11-3B
1. Shoot Patung Bundaran Senayan (VO: Jakarta, Kota yang ramai dengan gemerlap kehidupan modern - 10 s)
2. Shoot Keadaan Siang Hari di Depan Senayan City (VO: Berbagai aktivitas manusia yang hilir-mudik dengan segala kesibukannya - 9 s)
3. Shoot Malam Hari yang Padat dengan Aktivitas (VO: Terutama pada malam hari.Banyak orang, terutama anak muda, mencari kesenangan pribadi - 12 s)
4. Shoot balapan yang blur, diikuti dengan teks “BALAP LIAR MOBIL” (VO: Salah satunya adalah balap liar mobil - 11 s)
5. Shoot keadaan saat balapan berlangsung - sekilas - 3 s
6. Shoot Jalan Asia-Afrika saat malam hari, sebelum balapan (VO: Setiap akhir pekan, Jalan Asia-Afrika yang telah berganti malam, sekitar pukul 00.00 WIB, berubah seketika menjadi arena balapan - 11 s)
7. Shoot speedometer dalam mobil si pembalap - 2 s
8. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi - 4 s
9. Shoot speedometer dalam mobil si pembalap - 2 s
10. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi - 8 s
11. Text Line
“Persiapan Sebelum Balapan” 4 s
12. Video wawancara dengan Thom, si Pembalap 44 s
13. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi di Jalan Asia Afrika (VO: Asia-Afrika seakan menjadi primadona bagi pembalap liar untuk melakukan aksinya - 8 s)
14. Video wawancara dengan Thom, si Pembalap
Diikuti teks pertanyaan dan jawaban Rekaman percakapan antara pembalap dengan reporter - 40 s
15. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi di Jalan Asia Afrika (VO: Bagi kaum muda ajang balap liar menjadi semacam trend untuk menunjukkan kebolehan dan eksistensinya dalam balapan mobil. Namun sayangnya kesempatan untuk berekspresi ini disalahgunakan oleh komunitas-komunitas yang tidak bertanggung jawab) - 20 s
16. Video wawancara dengan Ben, salah seorang penonton balapan liar
Rekaman percakapan antara si penonton dengan reporter - 48 s
17. Shoot polisi yang sedang patroli di pinggir jalan
Shoot Jalan Asia-Afrika saat malam hari, dan
Shoot papan nama Wakapolsek Tanah Abang VO: Ternyata polisi tidak tinggal diam menanggapi penyalahgunaan fasilitas public, terutama jalan raya, yang dijadikan arena balapan. Dan tampaknya selama ini usaha polisi tidak dihiraukan oleh pelaku balap liar - 18 s
18. Text Line pertanyaan 1 - 3 s
19. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 35 s
20. Text Line pertanyaan 2 - 3 s
21. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 20 s
22. Video wawancara polisi 3 - 3 s
23. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 26 s
24. Text Line pertanyaan 4 - 3 s
25. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 16 s
26. Shoot pedagang yang sedang berjualan (VO: Namun keberuntungan berpihak kepada lingkungan sekitarnya, sebagai contoh pedagang kaki lima yang berjualan di arena balapan - 13 s)
27. Video wawancara dengan Bapak Samin, pedagang minuman
Diikuti teks pertanyaan dan jawaban
Rekaman percakapan antara pedagang dengan reporter - 29 s
28. Video balapan liar (VO: Inilah sisi lain dalam kehidupan anak muda yang mengedepankan kesenangan pribadi tanpa mempedulikan aturan yang berlaku. Akankah hal ini terus berlanjut? - 13 s)
29. Line Text
(“Hanya merekalah yang tahu jawabannya !” - 4 s)
30. Credit - 35 s
TITLE: BALAPAN LIAR
TANGGAL:
LOKASI: JALAN ASIA-AFRIKA, JAKARTA
REP/CAM: ETIKA, ELLISA, FOURESTYANTI, YOHANES, ADHISURYA
KELAS: MC11-3B
1. Shoot Patung Bundaran Senayan (VO: Jakarta, Kota yang ramai dengan gemerlap kehidupan modern - 10 s)
2. Shoot Keadaan Siang Hari di Depan Senayan City (VO: Berbagai aktivitas manusia yang hilir-mudik dengan segala kesibukannya - 9 s)
3. Shoot Malam Hari yang Padat dengan Aktivitas (VO: Terutama pada malam hari.Banyak orang, terutama anak muda, mencari kesenangan pribadi - 12 s)
4. Shoot balapan yang blur, diikuti dengan teks “BALAP LIAR MOBIL” (VO: Salah satunya adalah balap liar mobil - 11 s)
5. Shoot keadaan saat balapan berlangsung - sekilas - 3 s
6. Shoot Jalan Asia-Afrika saat malam hari, sebelum balapan (VO: Setiap akhir pekan, Jalan Asia-Afrika yang telah berganti malam, sekitar pukul 00.00 WIB, berubah seketika menjadi arena balapan - 11 s)
7. Shoot speedometer dalam mobil si pembalap - 2 s
8. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi - 4 s
9. Shoot speedometer dalam mobil si pembalap - 2 s
10. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi - 8 s
11. Text Line
“Persiapan Sebelum Balapan” 4 s
12. Video wawancara dengan Thom, si Pembalap 44 s
13. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi di Jalan Asia Afrika (VO: Asia-Afrika seakan menjadi primadona bagi pembalap liar untuk melakukan aksinya - 8 s)
14. Video wawancara dengan Thom, si Pembalap
Diikuti teks pertanyaan dan jawaban Rekaman percakapan antara pembalap dengan reporter - 40 s
15. Shoot Balapan Liar Mobil yang sedang beraksi di Jalan Asia Afrika (VO: Bagi kaum muda ajang balap liar menjadi semacam trend untuk menunjukkan kebolehan dan eksistensinya dalam balapan mobil. Namun sayangnya kesempatan untuk berekspresi ini disalahgunakan oleh komunitas-komunitas yang tidak bertanggung jawab) - 20 s
16. Video wawancara dengan Ben, salah seorang penonton balapan liar
Rekaman percakapan antara si penonton dengan reporter - 48 s
17. Shoot polisi yang sedang patroli di pinggir jalan
Shoot Jalan Asia-Afrika saat malam hari, dan
Shoot papan nama Wakapolsek Tanah Abang VO: Ternyata polisi tidak tinggal diam menanggapi penyalahgunaan fasilitas public, terutama jalan raya, yang dijadikan arena balapan. Dan tampaknya selama ini usaha polisi tidak dihiraukan oleh pelaku balap liar - 18 s
18. Text Line pertanyaan 1 - 3 s
19. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 35 s
20. Text Line pertanyaan 2 - 3 s
21. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 20 s
22. Video wawancara polisi 3 - 3 s
23. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 26 s
24. Text Line pertanyaan 4 - 3 s
25. Video wawancara polisi Rekaman percakapan antara polisi dengan reporter - 16 s
26. Shoot pedagang yang sedang berjualan (VO: Namun keberuntungan berpihak kepada lingkungan sekitarnya, sebagai contoh pedagang kaki lima yang berjualan di arena balapan - 13 s)
27. Video wawancara dengan Bapak Samin, pedagang minuman
Diikuti teks pertanyaan dan jawaban
Rekaman percakapan antara pedagang dengan reporter - 29 s
28. Video balapan liar (VO: Inilah sisi lain dalam kehidupan anak muda yang mengedepankan kesenangan pribadi tanpa mempedulikan aturan yang berlaku. Akankah hal ini terus berlanjut? - 13 s)
29. Line Text
(“Hanya merekalah yang tahu jawabannya !” - 4 s)
30. Credit - 35 s
Energy Saver, Cara Berhemat Listrik Ilegal
Investigative Reporting Assignment
Energy Saver, Cara Berhemat Listrik Ilegal
( oleh: Yohanes Christ Hasibuan / MC11-3B / 2007110954 )
( oleh: Yohanes Christ Hasibuan / MC11-3B / 2007110954 )
“Penggunaan alat ini melanggar ketentuan perjanjian antara PLN dan konsumen,” demikian kata Murtaqi Syamsudin, General Manager PLN, menanggapi penggunaan Alat Penghemat Listrik atau Energy/Power Saver, yang kian merambah bebas di tengah masyarakat.
Keberadaan alat penghemat listrik atau yang lebih familiar dengan kata energy saver ini bukanlah barang baru bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Ibukota. Alat yang diklaim mampu menghemat biaya penggunaan listrik sampai 40 % ternyata tehitung praktek ilegal.
Penghematan yang bertujuan mengurangi biaya tagihan listrik, kian marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berhemat dirasakan perlu saat-saat ini, entah itu sadar dilakukan secara legal atau bahkan ilegal, mengingat kebutuhan hidup yang kian mencekik.
Pemasaran alat ini tidak hanya dilakukan secara door to door oleh seorang sales person, tetapi juga melalui dunia maya. Penjualan yang dilakukan lewat internet menjadi alat promosi yang terhitung cukup efektif untuk menarik minat kosumen.
Adalah Eman (28), seorang sarjana teknik dari sebuah perguruan tinggi di Jakarta telah menjalani profesi sebagai produsen dan penyalur alat energy saver ini di lingkungan komplek perumahan dimana ia tinggal. Alat ini ia rakit sendiri dengan keahlian dan pengetahuan yang ia dapat selama menjadi mahasiswa dan juga pengalaman dari teman-temannya.
“Kalo yang udah tau saya yang jual, ya mereka dateng ke sini aja, tapi kalo lagi sepi order, saya sendiri yang keliling”, ujarnya. Alat yang ia jual dengan kisaran harga Rp 150.000,- hingga Rp 250.000,- ini dipasarkan di daerah Komplek DKI, Jakarta Timur.
Pemasangan alat ini terhitung mudah. Hanya dengan mencolokkan kabel daya alat ini ke stop kontak yang berada dimanapun di rumah konsumen. Alat ini bekerja dengan memperlambat piringan yang berputar di meteran listrik akibat semacam gelombang yang dihasilkan alat tersebut. Menurut pengakuan Eman, ia pernah mencoba sendiri penggunaan alat energy saver ini di rumahnya dan mengaku biaya pemakaian listrik berkurang dibanding bulan-bulan sebelumnya.
Untuk menarik hati calon konsumennya, Eman melakukan demonstrasi terlebih dahulu dengan menyalakan beban (berupa lampu neon, dll) tanpa menyalakan alat penghemat listrik, lalu menunjukkan besar arus yang terpakai. Setelah itu, alat penghemat dipasang, kemudian diperlihatkan kepada calon konsumennya bahwa daya yang dikonsumsi menjadi berkurang. “Itu yang bakal ngurangin biaya listrik”, tambahnya.
Alat ini Benar-Benar Bekerja
Seorang konsumen yang membeli alat ini dari Eman dua tahun lalu, Bapak Udin (54), menuturkan “Awalnya sih dia minjemin saya dulu, setelah sebulan ternyata tagihan listrik saya lumayan berkurang, jadi ya saya beli deh alatnya, kalo ga salah sih sekitar Rp 200.000,- waktu itu.” Pak Udin mengaku kurang mengetahui berapa persen penghematan yang terjadi pada tagihannya. “Dulu saya anggap alat ini sah-sah aja tapi anggapan saya berubah setelah setahun lalu alat itu dicabut oleh petugas PLN, akibatnya saya kena denda pada rekening listrik saya sebesar biaya yang hilang selama saya memakai alat tersebut. Mau berhemat masa ga didukung malah dikasih denda?” tambah Pak Udin.
Lain halnya dengan Ibu Sri (49), yang mengaku memakai alat ini sejak setahun lalu dan masih terpasang hingga sekarang. Sama halnya dengan Pak Udin, tagihan listriknya lumayan berkurang. “Biasanya sih Rp. 200.000,-, tapi setelah pakai alat ini bisa jadi Rp. 125.000,-an. Alat ini benar-benar bekerja”, ungkap Ibu Sri.
Apa Kata PLN dan Instansi Terkait Lainnya?
Menurut Murtaqi Syamsudin, General Manager PLN, penggunaan alat ini melanggar ketentuan perjanjian antara PLN dan konsumen. Konsumen harap berhati-hati dengan penghematan yang tidak benar, yaitu yang bekerja dengan prinsip gelombang yang memperlambat meteran dan diminta untuk segera dicabut (Press Release PLN Distribusi Jawa Barat - Banten, 11 Juli 2006).
PLN akan mencabut alat penghemat listrik ini jika tertangkap terpasang pada meteran listrik konsumen, serta akan diberikan sanksi berupa denda pembayaran biaya pada rekening listrik yang bersangkutan selama ia menggunakan alat tersebut.
Lain halnya seperti yang ditulis pada salah satu situs internet yang menawarkan alat ini (http://www.optimashops.com), yang menyebutkan bahwa penggunaan alat penghemat listrik semacam ini sangat disarankan pemerintah, dalam hal ini Departemen Pekerjaan Umum melalui SK Menteri PU No.23/PRT/78. Dan juga oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) melalui Uji Fungsi (Uji Riset dan Teknologi) No.18/LAP.JATEK/LSDE/BPPT/VIII/04.
PLN Vs Konsumen Nakal
Penghematan biaya listrik idealnya dilakukan dengan mengurangi penggunaan peralatan elektronik rumah tangga ataupun industri. Tetapi apalah artinya jika penghematan yang terjadi malah merugikan Negara. Disatu sisi konsumen diuntungkan, dengan pemakaian listrik sebanyak-banyaknya tetapi membayar tagihan sekecil-kecilnya. Di lain pihak, PLN, sebagai perusahaan penyedia jasa pelistrikan di Indonesia merasa dirugikan besar-besaran. Bayangkan saja yang akan terjadi jika PLN secara terus-menerus kecolongan praktek nakal ini.
Peranan Dukun Terhadap Pengambilan Keputusan Dari Para Klien-nya
PUBLIC RELATIONS & PUBLICITY Assignment
Topik: Peranan Dukun Terhadap Pengambilan Keputusan Dari Para Klien-nya
Fenomena perdukunan, khususnya di Indonesia telah ada dan menjamur dari masa ke masa hingga saat ini. Aneh memang, di zaman se-modern ini, masih saja ada pihak-pihak tertentu yang sengaja atau bahkan tidak sengaja memanfaatkan serta mempercayai para dukun atau dikenal juga dengan sebutan paranormal / spiritualis ini untuk masuk ke dalam sektor kehidupan pribadinya, baik itu dalam lingkup bisnis, keuangan, kesehatan, cinta, jodoh, peruntungan nasib, pergumulan, bahkan seks. Baik disadari ataupun tidak para klien yang notabene-nya terdiri dari berbagai kelas sosial, pekerjaan, umur, dan sebagainya, telah membuat suatu keputusan dalam hidupnya untuk percaya akan apa yang dikatakan oleh sang dukun. Begitu amat pentingnya peranan sang dukun bagi para kliennya, entah kenapa? Para klien tentu berharap apa yang dikatakan sang dukun adalah hal-hal yang baik adanya dan tidak mendatangkan celaka kepada mereka. Kalaupun ternyata diketahui akan ada suatu masalah yang akan timbul pada kehidupan si klien, maka klien pun akan meminta saran dan tuntunan kepada sang dukun agar masalah itu jangan sampai datang kepada si klien yang bersangkutan.
Dapat dikatakan selain berfungsi sebagai “pengobat” dukun juga berperan sebagai psikiater bagi masyarakat yang mempercayainya. Mengapa demikian? Di perkotaan seiring dengan padatnya penduduk, munculnya penyakit-penyakit di dalam keseharian masyarakat, yang banyak disebabkan karena pekerjaan, depresi, frustasi, serta ketidakastian hidup, tidak dapat dipungkiri keberadaannya, disamping masih ada berbagai permasalahan lain seperti himpitan ekonomi yang membuat penderitaan warga kota semakin kompleks. Hal itu membuat kompleksnya penyakit yang dihadapi warga kota yakni penyakit fisik dan psikologis yang perlu diobati secara bersamaan. Dari peran ganda dan fungsi tersebut, lantas masyarakat dari luar kota atau daerah lain jauh-jauh datang untuk menemukan orang pintar guna mendapatkan jawaban serta keputusan atas pergumulan permasalahan yang sedang dihadapi si klien, baik itu kesembuhan penyakit, kondisi finansial, keluarga, dan lain sebagainya. Bagi para klien, tentu menempatkan kepercayaan mereka sepenuhnya kepada sang dukun dalam pengambilan keputusan di dalam hidupnya, terutama permasalahan yang sedang dihadapi, adalah hal yang harus dilakukannya agar segala sesuatu berjalan lancar dan berhasil. Begitu besarnya pengaruh yang diberikan oleh sang dukun bagi para kliennya. Terlepas dari konteks agama, berdasarkan logika yang ada, hal ini memang benar-benar aneh dan tidak masuk akal, mempercayakan hidup serta keputusan di tangan seorang manusia. Tetapi, eksistensi dunia perdukunan tak dapat hilang dari tengah masyarakat, khususnya di Indonesia.
Adalah Ki Fatahillah Songgolangit, spiritualis Hikmah dengan kemampuan supranatural yang dimilikinya. Kini, setiap hari dipercaya sebagai pengasuh tetap Konsultasi Spiritual dan Tabir Mimpi di Harian METEOR (Jawa Pos Grup) terbit di Jateng-DIY. Menurut pengakuannya, pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini mewarisi kemampuan olah spiritual dan supranatural dari kakeknya. Sejak kecil ia sudah pandai menebak kejadian-kejadian yang akan dialami oleh orang-orang di sekitarnya. Dia banyak menerima nasehat agar banyak mengamalkan kelebihan yang dipunyainya kepada sesama. Pesan tersebut dijalankan dengan memulai membantu keluarga yang sering mendapat masalah, teman-temannya yang punya problem asmara sampai pekerjaan yang susah, dan orang lain yang mendengar kemampuannya dari buah bibir masyarakat setempat.
Namanya semakin dikenal seiring banyak orang yang berhasil menuntaskan masalahnya melalui solusi dan ajian-ajian yang diberikan. Kini ia membuka praktik di rumah sendiri di Jl Pangrango 12 Perum Griya Gawe Mukti, Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Karya olah supranaturalnya banyak digunakan masyarakat luas hingga sampai ke negara-negara Asia, seperti: Taiwan, Hongkong, Singapura, Brunei, Malaysia, Korea, Bangkok, Jepang, dan Australia; dan ternyata banyak klien-nya yang mangaku ajian yang diberikan terbukti berhasil.
Seperti halnya para dukun lainnya, Ki Fatahillah Songgolangit memiliki spesialisasi untuk membantu klien-nya yang membutuhkan pertolongan dirinya, berikut mahar yang telah dipatok. Kira-kira ada 15 ajian yang siap diberikan kepada para klien-nya yang datang kepada dirinya. Diantaranya, AJIAN PENER ASMORO: Memikat lawan jenis / orang yang dituju menjadi cinta, rindu selamanya, solusi bagi yang belum bertemu jodohnya, dan lain-lain. Ajian ini dipatok mahar Rp 400.000,- ; AJIAN GEMBONG ISIM: Solusi mengatasi usaha / bisnis yang macet, tidak maju-maju, perusahaan bangkrut, tender sering lepas, dikerjai pesaing (guna-guna bisnis), pemagaran gedung. Ajian ini dipatok dengan mahar Rp 1.000.000,- ; Dengan mahar Rp 700.000,- , AJIAN JUNJUNG KHARISMA dapat dilaksanakan: Spesial untuk pejabat, public figure, caleg (Pilkada), artis, PNS, karyawan kantor, pelamar kerja kantoran. Membuka kharisma-wibawa untuk menarik simpati massa dan disukai atasan serta selalu dipercaya.; KAROMAH BATU LANGIT: Menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan ganas - seperti kanker, tumor, stroke, diabetes, liver, asam urat, depresi, sulit punya keturunan, anak idiot, kurang cerdas, dan lain-lain, hanya dengan mahar Rp 300.000,- ; AJIAN GEMBONG ISIM: Mengatasi usaha macet, bisnis amburadul, perusahaan bangkrut, tender sering lepas, dikerjai pesaing (guna-guna bisnis), pemagaran gedung, dengan Mahar Rp 1.000.000,-. Konsultasi langsung maupun jarak jauh dapat dilakukan Ki Fatahillah Songgolangit. Jika klien-nya berada pada jarak jauh dan tidak memungkinkan untuk datang ke tempat praktik sang dukun, ajian berserta petunjuk akan dipaketkan lewat jasa Pos Kilat/Express/Tiki. Untuk dalam negeri tanpa tambahan ongkos kirim, sedangkan untuk luar negeri ada tambahan ongkos kirim sebesar Rp 150.000,-.
Terlepas dari kontroversi yang ada mengenai dunia perdukunan, peran dukun bagi para klien-nya tidak akan pernah hilang selama mereka terus percaya dan merasa ’tergantung’ akan kebutuhan keberhasilan dalam apapun yang dilakukan si klien. Jadi, apakah Anda berminat?
Topik: Peranan Dukun Terhadap Pengambilan Keputusan Dari Para Klien-nya
Fenomena perdukunan, khususnya di Indonesia telah ada dan menjamur dari masa ke masa hingga saat ini. Aneh memang, di zaman se-modern ini, masih saja ada pihak-pihak tertentu yang sengaja atau bahkan tidak sengaja memanfaatkan serta mempercayai para dukun atau dikenal juga dengan sebutan paranormal / spiritualis ini untuk masuk ke dalam sektor kehidupan pribadinya, baik itu dalam lingkup bisnis, keuangan, kesehatan, cinta, jodoh, peruntungan nasib, pergumulan, bahkan seks. Baik disadari ataupun tidak para klien yang notabene-nya terdiri dari berbagai kelas sosial, pekerjaan, umur, dan sebagainya, telah membuat suatu keputusan dalam hidupnya untuk percaya akan apa yang dikatakan oleh sang dukun. Begitu amat pentingnya peranan sang dukun bagi para kliennya, entah kenapa? Para klien tentu berharap apa yang dikatakan sang dukun adalah hal-hal yang baik adanya dan tidak mendatangkan celaka kepada mereka. Kalaupun ternyata diketahui akan ada suatu masalah yang akan timbul pada kehidupan si klien, maka klien pun akan meminta saran dan tuntunan kepada sang dukun agar masalah itu jangan sampai datang kepada si klien yang bersangkutan.
Dapat dikatakan selain berfungsi sebagai “pengobat” dukun juga berperan sebagai psikiater bagi masyarakat yang mempercayainya. Mengapa demikian? Di perkotaan seiring dengan padatnya penduduk, munculnya penyakit-penyakit di dalam keseharian masyarakat, yang banyak disebabkan karena pekerjaan, depresi, frustasi, serta ketidakastian hidup, tidak dapat dipungkiri keberadaannya, disamping masih ada berbagai permasalahan lain seperti himpitan ekonomi yang membuat penderitaan warga kota semakin kompleks. Hal itu membuat kompleksnya penyakit yang dihadapi warga kota yakni penyakit fisik dan psikologis yang perlu diobati secara bersamaan. Dari peran ganda dan fungsi tersebut, lantas masyarakat dari luar kota atau daerah lain jauh-jauh datang untuk menemukan orang pintar guna mendapatkan jawaban serta keputusan atas pergumulan permasalahan yang sedang dihadapi si klien, baik itu kesembuhan penyakit, kondisi finansial, keluarga, dan lain sebagainya. Bagi para klien, tentu menempatkan kepercayaan mereka sepenuhnya kepada sang dukun dalam pengambilan keputusan di dalam hidupnya, terutama permasalahan yang sedang dihadapi, adalah hal yang harus dilakukannya agar segala sesuatu berjalan lancar dan berhasil. Begitu besarnya pengaruh yang diberikan oleh sang dukun bagi para kliennya. Terlepas dari konteks agama, berdasarkan logika yang ada, hal ini memang benar-benar aneh dan tidak masuk akal, mempercayakan hidup serta keputusan di tangan seorang manusia. Tetapi, eksistensi dunia perdukunan tak dapat hilang dari tengah masyarakat, khususnya di Indonesia.
Adalah Ki Fatahillah Songgolangit, spiritualis Hikmah dengan kemampuan supranatural yang dimilikinya. Kini, setiap hari dipercaya sebagai pengasuh tetap Konsultasi Spiritual dan Tabir Mimpi di Harian METEOR (Jawa Pos Grup) terbit di Jateng-DIY. Menurut pengakuannya, pria kelahiran Lamongan, Jawa Timur ini mewarisi kemampuan olah spiritual dan supranatural dari kakeknya. Sejak kecil ia sudah pandai menebak kejadian-kejadian yang akan dialami oleh orang-orang di sekitarnya. Dia banyak menerima nasehat agar banyak mengamalkan kelebihan yang dipunyainya kepada sesama. Pesan tersebut dijalankan dengan memulai membantu keluarga yang sering mendapat masalah, teman-temannya yang punya problem asmara sampai pekerjaan yang susah, dan orang lain yang mendengar kemampuannya dari buah bibir masyarakat setempat.
Namanya semakin dikenal seiring banyak orang yang berhasil menuntaskan masalahnya melalui solusi dan ajian-ajian yang diberikan. Kini ia membuka praktik di rumah sendiri di Jl Pangrango 12 Perum Griya Gawe Mukti, Sumogawe, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Karya olah supranaturalnya banyak digunakan masyarakat luas hingga sampai ke negara-negara Asia, seperti: Taiwan, Hongkong, Singapura, Brunei, Malaysia, Korea, Bangkok, Jepang, dan Australia; dan ternyata banyak klien-nya yang mangaku ajian yang diberikan terbukti berhasil.
Seperti halnya para dukun lainnya, Ki Fatahillah Songgolangit memiliki spesialisasi untuk membantu klien-nya yang membutuhkan pertolongan dirinya, berikut mahar yang telah dipatok. Kira-kira ada 15 ajian yang siap diberikan kepada para klien-nya yang datang kepada dirinya. Diantaranya, AJIAN PENER ASMORO: Memikat lawan jenis / orang yang dituju menjadi cinta, rindu selamanya, solusi bagi yang belum bertemu jodohnya, dan lain-lain. Ajian ini dipatok mahar Rp 400.000,- ; AJIAN GEMBONG ISIM: Solusi mengatasi usaha / bisnis yang macet, tidak maju-maju, perusahaan bangkrut, tender sering lepas, dikerjai pesaing (guna-guna bisnis), pemagaran gedung. Ajian ini dipatok dengan mahar Rp 1.000.000,- ; Dengan mahar Rp 700.000,- , AJIAN JUNJUNG KHARISMA dapat dilaksanakan: Spesial untuk pejabat, public figure, caleg (Pilkada), artis, PNS, karyawan kantor, pelamar kerja kantoran. Membuka kharisma-wibawa untuk menarik simpati massa dan disukai atasan serta selalu dipercaya.; KAROMAH BATU LANGIT: Menyembuhkan berbagai penyakit kronis dan ganas - seperti kanker, tumor, stroke, diabetes, liver, asam urat, depresi, sulit punya keturunan, anak idiot, kurang cerdas, dan lain-lain, hanya dengan mahar Rp 300.000,- ; AJIAN GEMBONG ISIM: Mengatasi usaha macet, bisnis amburadul, perusahaan bangkrut, tender sering lepas, dikerjai pesaing (guna-guna bisnis), pemagaran gedung, dengan Mahar Rp 1.000.000,-. Konsultasi langsung maupun jarak jauh dapat dilakukan Ki Fatahillah Songgolangit. Jika klien-nya berada pada jarak jauh dan tidak memungkinkan untuk datang ke tempat praktik sang dukun, ajian berserta petunjuk akan dipaketkan lewat jasa Pos Kilat/Express/Tiki. Untuk dalam negeri tanpa tambahan ongkos kirim, sedangkan untuk luar negeri ada tambahan ongkos kirim sebesar Rp 150.000,-.
Terlepas dari kontroversi yang ada mengenai dunia perdukunan, peran dukun bagi para klien-nya tidak akan pernah hilang selama mereka terus percaya dan merasa ’tergantung’ akan kebutuhan keberhasilan dalam apapun yang dilakukan si klien. Jadi, apakah Anda berminat?
Wishlist and 2+7
Investigative Reporting Assignment by Yohanes Christ H.
Wish List
Topik : Penelusuran praktek “penghematan” listrik dengan suatu alat bernama energy saver
Angle : Apakah alat energy saver terhitung ilegal?
Lokasi Peliputan:
1. Rumah penyalur alat energy saver, Komplek DKI, Jakarta Timur
2. Rumah konsumen pengguna alat energy saver, Komplek DKI, Jakarta Timur
Narasumber:
1. Eman, penyalur sekaligus produsen alat energy saver
Pertanyaan:
a. Apakah Anda benar dan masih menjual alat energy saver?
b. Selain di Komplek DKI, Jakarta Timur, kemana lagi Anda memasarkan alat ini?
c. Bagaimana Anda memasarkan alat ini? Anda yang berkeliling atau konsumen yang mencari Anda?
d. Dibanderol harga berapa alat ini?
e. Darimana Anda mendapat alat ini? Dari produsen, perusahaan atau merakit sendiri?
f. Bagaimana pemasangan dan cara kerja alat ini?
g. Apakah pemasangan alat ini dilakukan oleh konsumen atau Anda sendiri?
h. Menurut Anda, apakah alat ini benar-benar bekerja dalam penghematan jumlah biaya pemakaian listrik? Berapa persen?
i. Apakah Anda sendiri menggunakan alat ini di rumah Anda?
j. Menurut Anda, apakah alat ini ilegal untuk digunakan?
k. Apakah Anda pernah tertangkap petugas PLN karena pemakaian alat ini di rumah Anda?
2. Bapak Udin, konsumen
Pertanyaan:
a. Benarkah Bapak pengguna alat energy saver?
b. Darimana Bapak mendapatkan alat ini?
c. Berapa harga alat ini saat Bapak membelinya?
d. Sudah Berapa lama Bapak menggunakan alat ini?
e. Setelah pemasangan alat energy saver, apakah biaya listrik berkurang setiap bulan? Berapa persen dari sebelumnya?
f. Menurut Bapak, apakah alat ini ilegal?
g. Apakah petugas PLN pernah mendatangi rumah Bapak?Apakah tertangkap menggunakan alat ini? Apa tindakan petugas?
3. Ibu Sri, konsumen
Pertanyaan:
a. Benarkah Ibu pegguna alat energy saver?
b. Darimana Ibu mendapatkan alat ini?
c. Berapa harga alat ini saat Ibu membelinya?
d. Sudah Berapa lama Ibu menggunakan alat ini?
e. Setelah pemasangan alat energy saver, apakah biaya listrik berkurang setiap bulan? Berapa persen dari sebelumnya?
f. Menurut Ibu, apakah alat ini ilegal?
g. Apakah petugas PLN pernah mendatangi rumah Ibu?Apakah tertangkap menggunakan alat ini? Apa tindakan petugas?
Data Penunjang
Saya megambil beberapa artikel dari Internet yang berkaitan dengan topik, baik itu artikel yang terdapat di blog maupun forum tertentu.
Action Plan
Riset: ( 4/10/2008, 13.00 WIB, rumah Eman )
( 4/10/2008, 13.30 WIB, rumah Bapak Udin )
( 4/10/2008, 14.00 WIB, rumah Ibu Sri )
Sarching Data: ( 5/10/2008, 21.15 WIB, Internet )
( 9/10/2008, 14.30 WIB, Internet )
Wawancara Expert: ( 6/10/2008, 13.30 WIB, rumah Eman )
( 6/10/2008, 19.00 WIB, rumah Bapak Udin )
( 7/10/2008, 11.00 WIB, rumah Ibu Sri )
Liputan: ( 6/10/2008, 14.15 WIB, rumah Eman )
( 6/10/2008, 20.00. WIB, rumah Bapak Udin )
( 7/10/2008, 12.10 WIB, rumah Ibu Sri )
( 7/10/2008, 12.30 WIB, Rumah Eman )
Analisis Data
Saya menganalisis hasil wawancara dan liputan dari ketiga narasumber, serta membandingkannya dengan informasi yang saya dapatkan dari artikel di Internet.
Penulisan
Edit Naskah
“ 2 Bagian + 7 Rincian Langkah ”
Bagian I
1. First Lead
Saya mendengar ada penjualan alat penghemat listrik yang banyak beredar di Jakarta
2. Initial Investigation
Saya bertemu dengan konsumen alat energy saver ini
3. Forming an Investigative Hypothesis
Benar alat energy saver beredar di Jakarta
4. Literature Research
Saya melakukan riset melalui internet mengenai penggunaan alat energy saver
5. Interviewing Experts
Saya melakukan wawancara dengan penyalur sekaligus produsen alat penghemat listrik ini dan konsumennya.
6. Finding a Paper Trail
Saya melakukan riset melalui internet, mencari ketentuan hukum/undang-undang mengenai penggunaan listrik
7. Interviewing Key Informants and Sources / Finding People Trail
Saya mewawancarai penyalur sekaligus produsen alat penghemat listrik ini dan konsumen-kosumen nya.
Bagian II
1. First Hand Observation
Saya menyamar sebagai pembeli dengan datang ke rumah penyalur
2. Organizing Files
Saya membandingkan harga yang ditawarkan oleh penyalur dengan data yang saya dapat melalui wawancara dengan konsumen dan informasi dari internet
3. More Interviews
-
4. Analyzing and Organizing Data
Saya memfokuskan penelitian apakah alat energy saver ilegal atau tidak, baik di mata penyalur maupun konsumen, serta pihak yang terkait
5. Writing
Saya menuliskan temuan saya ke dalam sebuah laporan investigasi
6. Fast Checking
Saya bersama dengan penyalur melakuan uji coba alat tersebut di rumah penyalur, dan ternyata alat itu bekerja
7. Libel Check
-
Subscribe to:
Posts (Atom)